Monday 8 February 2016

#travelstory : Reunian (1) // Yogyakarta, DI Yogyakarta (1)

Halo!

Dipenghujung tahun 2013, saya melakukan perjalanan kembali dan ini lebih rame dibanding waktu ke Bandung kemarin. Liburan kali ini ke.....

Yogyakarta
DI Yogyakarta, Indonesia

Hari 1

Berhubung kami menyamai jadwal libur kuliah masing-masing, akhir tahun bisa dibilang udah waktu yang pas untuk jalan bareng. Asal kami sama, tapi tempat kuliah berbeda- beda. Ada yang dari Jakarta, Bandung, Solo dan Yogyakarta. Perjalanan saya mulai dari Jakarta menuju Bandung. Saya bersama teman, naik kereta dari Gambir - Bandung dengan kereta Argo Parahyangan Rp 65.000,-/kelas bisnis/sekali jalan. Perjalanan kurang lebih ditempuh selama 3 jam. Sampai lanjut ke BIP (Bandung Indah Plaza). Kami janjian ama temanku yang pergi barengan dari Bandung. Kami berangkat dari Kiaracondong-Lempuyangan pada malam harinya dengan kereta Kahuripan Rp 100.000,-/kelas ekonomi AC/pulang pergi. Perjalanan ditempuh kurang lebih jadinya 9 jam, karena banyak berhenti di stasiun kecil. Perjalanan ga terlalu panas karena jalan malam dan kereta ekonomi sekarang udah dengan AC jadi nyaman.

Hari 2

Sesampainya di Lempunyangan, teman kita yang di Jogja udah menunggu kedatangan kami. Dari stasiun banyak pilihan kendaraan. Bisa naik becak, ojek, atau taksi. Pada akhirnya kami memilih naik becak. Dari Lempuyangan ke Jl. Sosrowijayan daerah Malioboro Rp 50.000,-/untuk 2 becak. Turun dari becak langsung diserbu sama yang nawarin penginapan. Disini dan beberapa jalan yang lain banyak penginapan murah, tinggal pilih mau yang mana. Kami udah booking losmen sebelumnya, yaitu Isti Losmen, Rp 150.000,-/malam. Lokasinya masuk kedalam gang, namun ada warga sekitar yang membantu untuk bisa sampai ketempat tujuan. Penginapannya cukup nyaman dan pemiliknya juga ramah. Sampai di penginapan, kami istirahat sejenak setelah perjalanan panjang.

Sudah memasuki waktu zuhur kami keluar dan menuju mesjid yang berada di belakang losmen. Kami lanjut makan siang di sekitaran Malioboro. Disini hampir semua menunya sama dengan harga yang bervariasi. Kami juga bisa liat banyak jajanan dan jualan dipinggir jalan yang tertata. Lalu lanjut ke Benteng Vredeburgh. Disini kita bisa melihat cerita dan replika suasana sejarah Indonesia yang terjadi di Jogja. Karena berdekatan dengan Taman Pintar, sekalian mampir deh. Dengan biaya Rp 15.000,-/orang, udah bisa menikmati area taman sesuai dengan tiket.

Makin sore, makin rame. Naluri kuliner mulai keluar hahaha jajanan disini murah dan banyak. Karena rame, nyari tempat duduk susah. Akhirnya kami duduk dipinggir jalan sambil menikmati jajanan yang telah dibeli. Ga jauh dari Pasar Beringharjo ada klepon yang enak dan murah. Harganya sekitar Rp 250,- - Rp 500,-/klepon. Sayangnya saat itu saya beli sedikit padahal enak hiks…

Malioboro
Malamnya, kami makan di angkringan yang ga jauh dari monumen tugu, yaitu Angkringan Pak Jabrik di Jalan Mangkubumi. Langsung tergiur dengan menu yang disediakan, jadi kepengen nyobain semuanya! Sekali makan saya habis Rp 14.000,- dan menu yang saya ambil beragam. Selesai makan kami lanjut jalan ke monumen tugu dan rame yang berfoto-foto disini.
Tugu Jogja

Hari 3

Besoknya kami berencana ke Borobudur dan arung jeram di Magelang. Namun ke Borobudur ga terkejar waktunya, jadi  langsung lanjut arung jeram. Hari itu juga ditambah kehadiran 2 teman yang juga ikut dari Bandung dan Solo. Kami tancap ke basecamp nya dulu di Kampung Ulu Resort, Magelang. Lokasinya dekat wisata Candi Borobudur. Disini kita ditawarkan berbagai macam paket rafting dan kita tinggal pilih mau ikut yang mana. Cek disini. Kami ngambil yang sungai Elo, karena kita juga baru pertama. Sesampainya kami ganti baju dan menunggu kapal dipersiapkan, lalu cus ke lokasi rafting. Kami juga diberi pengarahan sebelum memulai. Kurang lebih selama 3 jam, ditambah istirahat ditengah perjalanan dengan snack dan kelapa muda, sluurrp~ SERU!!

Rafting

Pegel sih tapi terbayar impas hahaha. Malam itu kita mampir sejenak ke Kalimilk di Jalan Kaliurang. Kami juga sempatin ke Alun-Alun Selatan walau hanya sebentar sebelum istirahat untuk lanjut esok harinya.

Hari 4

Hari berikutnya kami lanjut wisata Gunung Merapi.  Kami juga dipandu oleh pemandu dari tempat penyedia tour untuk sampai ke basecamp. Sesampai dilokasi, kami menunggu jeep dipersiapkan dan menambah motor trail. Disini juga tersedia beberapa paket dan tinggal pilih mau yang mana. Cek disini. Tour yang satu ini ga kalah seru. Kita bisa lihat lokasi penambangan pasir serta lokasi pasca erupsi Merapi tahun 2010 kemarin. Kami juga ke museum dimana ada bukti jam erupsi terjadi. Lalu dilanjut ke bunker dan melihat puncak gunung secara langsung. Suasana juga dingin. Saya terpana melihat langsung gunung Merapi, ditambah dengan pemandangan sekitar. Keren!

Museum

Gunung Merapi
Namun, waktu terus berjalan dan kami melanjutkan perjalanan kembali. Tujuan berikutnya ke Pantai Parangtritis. Kami mengejar sunset dan sampai disana sunsetnya bagus sekali~ Disini saya merasa tenang. Pengennya lebih lama lagi, tapi keburu malam dan kami pun harus balik.

Pantai Parangtritis

Hari 5

Hari terakhir manfaatkan waktu belanja muehehehe. Dan sebelum balik, kami sempatin ke Borobudur! Sayangnya, seorang teman kami tidak ikutan karena harus balik duluan. Namun diganti dengan temanku yang kuliah di Jogja. Kami langsung tancep ke Borobudur dan sampe disana rame, serta panasnya cukup menyengat.

Candi Borobudur

Puas keliling candi dan berfoto ria, kami ngejar waktu balik sore itu ke Jogja, mengejar kereta pulang yang ternyata........ Tidak terkejar ._. Kami nyari bus buat balik dan jadwalnya ga ada yang pas. Cerita menarik, malam itu kami terbang ke Solo! Hahaha niatnya nganter teman yang mau ujian besok paginya. Sempat juga menginjakan kaki di Solo walau tengah malam hahaha.

Hari 6

Paginya saya dengan dua teman saya balik ke Bandung lagi dengan kereta dari Stasiun Tugu. Perjalanan pagi sehingga bisa melihat pemandangan selama perjalanan diluar. Bagus banget! Sesampai di Bandung, saya dan teman saya ke kostan teteh dan tepar disana. Di Bandung pun kami masih jalan dan ketemu teman - teman yang lain. Setelah itu, barulah kami balik ke Jakarta dengan travel. Alhamdulillah~ Ini menjadi perjalanan sekaligus petualangan yang berpacu dengan waktu. In the end, this is a great holiday with my friends. Thankyou guys!

note: berhubung perjalanan pada akhir tahun, otomatis jadi serba naik.Walau ga banyak sih tapi cukup ngaruh. Semoga bisa membantu kalian yang ingin jalan - jalan ke Jogja dengan beberapa rekomendasi tempat disini. See you on my next post! :)