Friday 10 August 2018

#travelreview : Penak Malioboro Hostel

Halo!

Beberapa bulan belakangan saya sering bolak balik Jakarta - Jogja untuk beberapa urusan dan jarang nginep alias pulang-pergi seharian hahaha. Capek sih pasti, tapi karena di nikmatin jadi yaudah~ Bulan ini juga saya ke Jogja lagi dan memilih untuk menginap. Teman saya pernah kasih tau tempat nginap sewaktu dia di Jogja. Saya penasaran untuk mencobanya. Nama tempatnya yaitu.....

Penak Malioboro Hostel
Yogyakarta, DI Yogyakarta, Indonesia

Berlokasi di Jl. Mataram, Gemblakan Atas DN I, Suryatmajan, Yogyakarta. Jalannya samping Bank BRI Jl. Mataram, jadi agak masuk kedalam. Dari luar keliatannya ga begitu besar, tapi pas masuk ada 3 lantai. Ada beberapa tanaman gantung, area parkir motor, dan resepsionis. Untuk lokasinya dekat dengan beberapa area wisata dan stasiun, seperti Stasiun Tugu, Stasiun Lempuyangan, Malioboro, Keraton, dan lainnya.

Jalan Masuk
Penak Malioboro Hostel
Saya udah pesan jauh hari sebelum kesini melalui agen online. Untuk rate harganya ada beberapa pilihan. Saya memilih female dorm (yang satu ruangan khusus wanita) dan dapat harga sekitar Rp 95.000,-/malam. Pilihan kamar lainnya ada single room, mixed room dan standard room dengan range harga yang beda tipis (kecuali standard room sekitar Rp 250.000,-/malam, waktu saya cek via agen online). Pas check in akan di kasih handuk dan kunci lemari penyimpanan. Nanti juga akan ada deposit dulu sebesar Rp 50.000,- dan akan dikembalikan pas check out.

Lantai 1
Lantai 2

Semua yang sharing room itu kamar mandinya ada di luar, sedangkan standard room itu kamar mandinya ada di dalam. Kamar mandi luarnya bersih dan nyaman loh. Saya liat beberapa review ada yang bilang airnya kuning, tapi pas saya kesana ngga (bisa jadi pas saya lagi beruntung atau udah ada perbaikan). Untuk female dorm ga begitu besar ruangannya, ada 6 bed. Saya kebagian yang bed di bawah dan dekat sama jendela keluar. Tempat tidurnya juga nyaman. Ada lampu tidur dan colokan. Ruang penyimpanannya juga luas. Pas saya masuk AC dalam kondisi mati, tapi ruangannya adem.


Area Tidur

Lalu ada ruang santai dengan rak buku, beberapa permainan dan kursi yang nyaman. Untuk sarapannya ada di lantai 3 bersamaan dengan ruang kantor hostel. Ada pilihan sarapan juga loh, mau roti atau porsi makan yang dibungkus daun pisang. Waktu itu saya dapat isinya nasi, telur dadar, bihun dan tempe. Enak deh! Ada jus, kopi dan teh juga. Yang buat saya excited adalah hostel ini belakangnya menghadap ke timur. Tandanya apa? Bisa liat sunrise! Areanya juga cukup luas dan bisa menikmati pemandangan sekitar dari atas. Tersedia beberapa kursi dan meja gitu. Saya prediksi bisa liat Gunung Merapi, tapi sayang pas lagi ketutupan awan jadi ga keliatan deh :( dan saking menikmati, saya sampe lupa hunting foto dari atas hahaha. 

Ruang Santai

Fasilitas yang saya rasakan ada:
- handuk dan selimut
- sarapan (dan sepertinya tiap hari menunya beda)
- area parkir motor di lantai 1
- free wifi yang lebih berasa di luar kamar dibanding dalam kamar
- ruang santai di lantai 2 dan 3
- kamar mandi luar yang bersih dan nyaman
- loker bed dengan kapasitas yang cukup luas
- loker sepatu disamping pintu kamar

Lantai 3
Sarapan

Pelayanannya ramah dan tiap bolak balik ke hostel pasti ada petugasnya yang berjaga. Area hostelnya bisa di bilang cukup bersih. Oh! Untuk area solat, saya lupa menanyakan ada mushola atau ngga. Saya solat didalam dorm dengan area seadanya. Bergantian dengan yang lain karena cukup 1 orang. Harganya cukup ramah di kantong dengan kenyamanan dan fasilitas yang ada. Cocok untuk para backpacker, tapi saya ga rekomendasi bagi keluarga yang membawa anak (karena ga ada extra bed). Walau cuma semalam, saya merasa senang dan puas. I really recommended this hostel!

Sumber : Google Maps

Untuk informasi lebih lanjut, bisa lihat di instagram Penak Malioboro Hostel.


fin & thankyou :)



note: ini murni review berdasarkan pengalaman pribadi. Harga yang tertera per Agustus 2018. Semoga bisa membantu kalian yang mencari penginapan di Yogyakarta dan sekitarnya dengan rekomendasi hotel disini :)

No comments:

Post a Comment