Friday 3 June 2016

#travelstory : Disela Tugas Akhir // Cirebon, Jawa Barat

Halo!

Disaat tugas akhir melanda, saya ga nyangka masih bisa jalan-jalan haha walau nyelip dengan sedikit kerjaan sih ._. anggap sebagai hiburan dikala pusing kertas-kertas asistensi~ perjalanan saya kali ini menuju.....

Cirebon
Jawa Barat, Indonesia

Perjalanan saya dimulai dari Stasiun Gambir menuju Stasiun Cirebon dengan kereta Cirebon Ekspress (harga tiket Rp 120.000,-/kelas eksekutif/sekali jalan). Selama perjalanan saya tidur dan saat udah setengah perjalanan saya nonton dan mengobrol dengan penumpang disebelah. Tak terasa 3 jam perjalanan berlalu dan ketika sampai, saya dijemput adik kelas yang tinggal di Cirebon (udah janjian juga sebelumnya). Lalu kami langsung menuju penginapan di area Cirebon Super Block Mall (CBS), yaitu Hotel Apita Ekspress. Penginapannya cukup bagus dan lokasinya strategis berada ditengah kota. Jadi dekat kemana-mana. Range harganya saat saya memesan via agent online ga sampai Rp 250.000,-/malam/standard room dan kebetulan pas promo hehe~
Setelah meletakan barang, kami pun melanjutkan perjalanan mencari makanan khas Cirebon. Salah satunya empal gentong yang ga jauh dari penginapan. Sayangnya ini bukan empal gentong yang kucari tapi ga apa, daripada ga sama sekali hahaha dan udah lapar juga. Kami pun pesan dua, yang satu kuahnya santan dan yang satu ngga. Dua-duanya enak! Tapi saya lebih memilih yang kuahnya santan, rasanya lebih gurih hehe

Empal Gentong

Setelah makan, kami mampir dulu ke Mesjid At-Taqwa Cirebon yang berada dekat Alun-Alun Cirebon untuk solat. Kemudian kami lanjut perjalanan menuju Keraton Kasepuhan. Disini kami hanya berkeliling seadanya saja karena udah sore dan mau tutup, walaupun masih terlihat ada rombongan anak sekolah yang baru datang.

Keraton Kasepuhan

Depan pintu Keraton

Tadinya setelah dari sini mau lanjut ke pantai tapi berhubung salah belok dan udah kesorean, akhirnya kami lanjut ke tempat kopi langganan adik kelas saya, yaitu Baraja Kopi. Lokasinya samping hotel (duh lupa namanya) dan sebrangan dengan Grage Mall. Katanya sih, salah satu lokasi hits-nya di Cirebon hahaha tapi tempatnya cukup nyaman dan kami pun menghabiskan waktu mengobrol disini sampai puas. Setelah itu, kami lanjut makan ke Nasi Jamblang Mang Dul. Sesampai di lokasi rame banget sampai harus nunggu kursi kosong untuk duduk. Maklum, udah jam makan malam juga sih. Bentukannya ga beda jauh sama Angkringan Jogja sih, cuma beda di tempat dan menu yang disediakan aja hehe kami pun ambil makanan secukupnya. Disini juga dapat teh anget tawar gratis. Lumayan~

Nasi Jamblang Mang Dul

Selesai makan, saya pun dianter balik. Tadinya masih mau jalan, tapi saya udah mulai lelah dan adik kelas saya pun pas ada acara keluarga. Saya pun istirahat karena besoknya masih melanjutkan perjalanan ke Kuningan.

Esok paginya, selesai sarapan saya masih santai di penginapan sambil menunggu jam checkout dan menunggu temen saya yang barengan ke Kuningan. Kebetulan saya sekalian mampir dan nebeng di rumahnya (salah satu cara menghemat budget penginapan he he he). Pas jam checkout saya pun keluar dan menunggu di CSB mall. Perkiraan teman saya sampai Cirebon siang, ternyata sore. Kami bertemu disebrang CSB mall dan melanjutkan perjalanan ke Kuningan menggunakan Elf yang ga jauh dari Terminal Harjamukti. Jarak yang ditempuh Cirebon - Kuningan kurang lebih 1 jam (kalo ga macet) dengan harga biaya sekitar Rp 10.000,-/sekali jalan. Sampai di Kuningan, kami melanjutkan perjalanan ke rumah teman saya menggunakan becak.

- continue to here -

note: harga yang tertera per Mei 2016 dan perjalanan dilakukan saat libur panjang atau long weekend. Semoga bisa membantu kalian yang ingin jalan - jalan ke Cirebon dan sekitarnya dengan beberapa rekomendasi tempat disini :)