Sunday 17 April 2016

#travelstory : 3 Town Trip // Bandung, Jawa Barat (3)

Halo!

Hari 6

Setelah dari Jogja, perjalanan saya berakhir di kota…..

Bandung
Jawa Barat, Indonesia

Dari Stasiun Tugu Yogyakarta, saya naik kereta Lodaya Malam dengan tujuan akhir Stasiun Bandung (tiket Rp 215.000,-/kelas bisnis/sekali jalan). Saya sengaja pilih perjalanan malam biar bisa tidur sepanjang jalan. Subuh sekitar jam 4-an pagi, saya tiba di Bandung. Turun dari kereta hawa dingin langsung menusuk. Sambil menunggu jemputan teman yang di Bandung, saya solat dulu di Stasiun. Tak lama teman saya udah datang menjemput dan kami pun lanjut nyari sarapan. Saat itu saya benar-benar lapar sekali. Saya diajak makan bubur ayam yang tak jauh dari Stasiun (lupa deh nama jalannya hahaha). Kami pun bertukar cerita selama sarapan. Saya pun mampir sebentar ke kostannya sambil istirahat dan berberes. Saat matahari udah mulai terik, kami pun mencari makan lagi disekitaran Dipatiukur. Yak, temanku masih lapar hahaha dan kami pun masih melanjutkan obrolan pagi. Setelah itu, saya pun diantar ke kostan sodara saya. Malam ini pun bermodal nebeng nginap lagi haha mumpung ada sodara di Bandung.

Selama di Bandung saya tidak banyak tujuan kecuali untuk bertemu teman-teman lama. Siangnya saya bertemu teman-teman bimbel dulu disekitaran Jalan Riau, yaitu di Teras Nyemil. Lokasinya cukup kecil, namun nyaman buat nongkrong dan unik buat foto bareng teman-teman. Disini terkenal dengan mojito-nya dalam kemasan bulb yang kalo udah abis bisa dibawa pulang dan bisa refill ulang bulb nya dengan harga lebih murah. Saya memesan Strawberry Mojiblub sekitar Rp 18.000,- dan Spagetti Carbonara sekitar Rp 23.000,-.

Meet up at Teras Nyemil

Untungnya matahari siang tidak begitu terik jadi betah buat nongkrong lama hahaha. Pulangnya saya mampir ke Steak Ranjang di Jalan Dipatiukur yang hampir tiap ke Bandung selalu kesini. Range harganya juga ga begitu mahal, masih masuk di kantong. Saya memesan 2 steak (lupa menunya apa dan berapa harganya, buru-buru sih jadi ga liat detail) untuk di takeaway buat makan bareng sodara di kostan. Malamnya saya hanya istirahat di kostan sodara sambil berbagi cerita hingga akhirnya tertidur pulas.

Hari 7

Yup, pagi terakhir di Bandung. Siangnya saya udah balik lagi ke Jakarta. Namun, pagi saya menyempatkan ketemu teman saya ditempat nongkrong favorit saya dulu pas masih nge kost di Bandung, yaitu di Mcdonald di Simpang Dago. Setiap kesini saya udah punya posisi favorit di lantai 2-nya hahaha. Saya pun juga sekalian pamit ama sodara. Sekalian bawa barang biar ga bolak balik. Lucunya saat lagi jalan menuju lokasi pertemuan, saya tanpa sengaja bertemu teman satu sekolah dulu. Itu benar-benar kaget karena udah lama banget ga ketemu. Sayangnya kami hanya mengobrol sebentar karena keperluan masing-masing. Lalu sesampai lokasi, saya memesan menu untuk sarapan sambil nunggu. Tak lama teman saya pun datang dan kami langsung heboh. Kami cerita banyak sampai akhirnya setengah jam sebelum travel menuju Jakarta berangkat, kami pun berpisah.

fave spot at Mcd haha meet up w/ sistah

Dari Mcd menuju lokasi travel saya menggunakan ojek online biar cepat. Saya menggunakan travel Xtrans dari Bandung menuju Cibubur Rp 100.000,- , namun karena saya menggunakan kartu mahasiswa jadi dapat promo potongan 10 ribu menjadi Rp 90.000,-/sekali jalan. Pada akhirnya, liburan saya pun berakhir disini…

Jujur, seminggu itu rasanya kurang sih kalo mau lebih mengeksplorasi lokasi wisata yang ada di tiap kota. Tapi sayang, waktu saya terbatas mengingat UAS yang segera datang hahaha. Siapkan mental dan fisik serta dompet kalo mau liburan hahah karena harga yang tercantum sekarang belum tentu sama kedepannya. Jika ada kesempatan dan mau liburan, bisa pas bukan musimnya liburan anak sekolah atau hari-hari besar. Karena jalanan lebih lancar dan pastinya harga tidak semahal waktu liburan panjang. Apalagi kalo menginap pas liburan panjang, lebih baik booking tempat dulu sebelum kehabisan. Tiket pesawat maupun kereta juga begitu.

Dan selama perjalanan yang bisa saya bilang cukup dadakan dan sendiri ini… Saya mendapat banyak hikmah (cieee) karena ketika melakukan perjalanan sendiri membuat kita belajar lebih mandiri dan lebih strong hahaha but yes, it’s feel so free just being yourself! Selain itu, kita juga bisa ketemu teman-teman kita di kota yang kita kunjungi (jika ada) dan menjaga tali silaturahmi. Walau ga semuanya, at least membuat pertemuannya menjadi ga terduga, menyenangkan dan kangenin. Kadang obrolan-obrolannya pun membuat pikiran kita jadi lebih terbuka karena faktor U juga dan pengalaman mereka yang berbeda-beda. Tanpa sadar, saya belajar banyak dari mereka, dari pertemuan ini.

Semoga cerita saya bisa membantu kalian yang ingin jalan-jalan ke lokasi-lokasi yang telah saya sampaikan. Maafkan ga banyak foto karena memang memanfaatkan quality time liburan dan bertemu teman-teman yang udah lama ga jumpa hehe:)

note: harga yang tertera per Januari 2016 dan perjalanan dilakukan saat musim libur awal tahun udah selesai. Semoga bisa membantu kalian yang ingin jalan - jalan ke Bandung dan sekitarnya dengan beberapa rekomendasi tempat disini :)