Monday 2 January 2017

#travelstory : Wishlist Trip // Solo, Jawa Tengah

Halo!

13 Desember 2016

Bisa dikatakan wishlist trip saya untuk menginjakkan kaki di Jawa Timur udah selesai, tapi masih ada dua kota lagi yang hendak saya datangi. Berhubung satu jalur dan sekalian kunjungan negara (cailah gitu). Perjalanan saya berikutnya menuju…..

Solo
Jawa Tengah, Indonesia

Mulai dari sini saya jalan sendiri dan berpisah dengan teman jalan saya yang kembali pulang. Kecup kiri kanan, teman saya naik taksi menuju bandara dan saya pun jalan kaki menuju stasiun. Sempat tersirat mau jalan-jalan dulu ke Kampung Warna-Warni karena kemarin saya hanya mampir dari atas jembatannya saja. Tapi sebelum saya keasikkan dan ketinggalan kereta (agak trauma haha), saya pun lanjut ke stasiun. Saya berangkat dari Stasiun Malang menuju Stasiun Solo Balapan dengan kereta Malioboro Ekspress (harga Rp 140.000,-/kelas ekonomi/sekali pergi, tapi karena diskon tambahan jadi dapat seharga Rp 110.000,-). Waktu tempuh sekitar 6 jam. Saya sengaja ambil jam pagi biar bisa lihat pemandangan alamnya. Maklum, Jakarta yang padat membuat saya butuh yang segar~ hahaha

Sampai jumpa lagi Malang!

Tips (11) : bagi kalian yang senang dengan pemandangan alam, pilih kursi dekat jendela dan ambil jam perjalanan pagi atau siang hari. Ini salah satu cara sederhana untuk melepas stress dan akan lebih nikmat kalo sambil dengarin musik ;)

Di kereta duduknya berhadap-hadapan dan pas didepan saya seperti seorang mahasiswa gitu. Saya pun menyapanya dan akhirnya kami mengobrol. Dia mahasiswa semester 3 di UPN Jogja (oke, kirain seumuran haha :p). Hampir sepanjang perjalanan saya mengobrol dengannya. Saya juga sempat berkenalan dengan alumni Unbraw yang hendak pulang bertemu keluarga pas di gerbong restorasi. Kami pun ngobrol selama makan dan akhirnya kami berpisah karena beda gerbong. Enam jam perjalanan terasa menyenangkan karena saya dapat teman baru!

Tips (12) : ga ada salahnya kita saling bertegur sapa dengan orang yang ada di hadapan kita. Bisa jadi mereka akan jadi teman baru dan kita pun mendapatkan koneksi baru! Tapi sebelum menyapa, lihat-lihat kondisi dan situasi juga yaa, sometimes we need perfect timing ;)

Halo Solo!

Sesampai di Solo, saya dijemput oleh teman semasa bimbel dulu dan langsung diajak ke salah satu kuliner solo, yaitu Timlo Solo di Jalan Jend. Urip Sumoharjo No.94, Solo. Ini pertama kalinya saya mencicipi timlo dan langsung suka! Rasanya enak, gurih dan pas gitu di makan saat hujan (karena pas sampai Solo memang lagi hujan). Sambil makan kita ngobrol banyak hal dan menunggu hujan reda juga. Lalu kuliner masih berlanjut ke Gerai 99 Terang Boelan di Jalan Gajah Mada No.42, Solo. Disini kami pesan martabak red velvet dengan 8 varian rasa dengan harga sekitar Rp 99.000,-. Martabaknya lembut dan rasanya enak. Dari 8 potong, ternyata kami hanya sanggup makan 4 potong dan 4 lagi dibawa jadi oleh-oleh hahahaha ini efek terlalu senang ketemuan dan lupa porsi makan sebelumnya seberapa :’)). Lalu saya pun diantar ke kostan teman sekolah saya di daerah kampus UMS. Kehebohan masih berlanjut di kostan karena saya udah lama ga bertemu teman-teman sekelas saat sekolah dulu.

Timlo Solo
Martabak Red Velvet 8 varian rasa

14 Desember 2016

Paginya, saya bersama teman-teman sekolah dan teman semasa bimbel berangkat menuju Tawangmangu. Saya diajak oleh mereka ke Bukit Sekipan. Perjalanan ditempuh sekitar 1 jam-an dengan motor. Setengah perjalanan udah mulai menanjak karena lokasinya berada di lereng Gunung Lawu (kalo ga salah, saya takut lupa hehe). Cuacanya pas banget cerah dan udaranya sejuk-hangat gitu. Sesampai di Bukit Sekipan, teman saya sempat melapor dulu ke pos dekat pintu masuk sekaligus bertanya juga. Disini tempatnya kayak hutan gitu dan ada area untuk berkemah. Ada kayak tenda-rumah kecil gitu, ditengah-tengah ada area api unggunnya. Ga jauh dari situ ada area panggung dan tempat duduk penonton. Lalu ada area penanjakan gitu, jadi bisa naik tangga dan liat pemandangan dari atas.

Bukit Sekipan (naik dikit ada area camp gitu)
Reunian

Setelah puas, kami pun kembali menuju Solo karena teman saya ada yang janji ke dokter. Sambil menunggu, kami ke The Park, salah satu mall di Solo. Disini kami nongkrong sambil bertukar cerita melepas kerinduan (ciee gitu). Lalu teman saya kembali dan kami pun main game di lantai paling atas. Mereka main game nge-dance gitu dan saya menikmati (karena saya ga mau main dan ga bisa juga hahaha). Kami lanjut makan siang diluar mall. Sempat mampir melewati Alun-Alun dan Keraton Solo. Tadinya kami mau makan di Tiga Tjeret tapi gegara kepisah iringan motor, akhirnya pindah ke Playground di daerah Purwosari, Solo.

Buat pengen ngambil semuanya haha
Selamat makan! Tebak punya saya yang mana? haha

Kata teman saya sih, masih mirip ama Tiga Tjeret. Bagi saya sih, angkringan berkelas (karena harganya juga sih, lumayan). Tempatnya enak, suasananya santai, pilihan makanannya juga beragam banget. Porsinya buat kalap sih hahaha saya aja kekenyangan. Selesai makan, kami pun kembali ke kostan. Di jalan, saya masih sempat mampir untuk beli es krim Aice! Hahaha ketemu juga di Solo, saya beli yang strawberry crispy seharga Rp 3.000,- (kalo ga salah). Malam itu saya kembali packing untuk bersiap melanjutkan perjalanan esok hari.
Strawberry Crispy

- continue to here -

note: harga yang tertera per Desember 2016 dan perjalanan saat weekdays dan 10 hari sebelum libur natal. Semoga bisa membantu kalian yang ingin jalan - jalan ke Solo dan sekitarnya dengan beberapa rekomendasi tempat disini :)

1. wuih,,,, fotonya keren-keren mbak... jadi ngiri.... hehehe....
    kapan-kapan maen ke ungaran mbak, banyak spot-spot foto yang patut di kunjungi....
    Salam blogger dari ungaran.

1. terimakasih~ wah boleh. baru sekali ke ungaran tapi ke umbul sidomukti nya hehe

2. Btw, pas ke umbuk sidomukti sama pasangan apa sendirian tuh? hahaha.....