Saturday 31 December 2016

#travelstory : Wishlist Trip // Malang, Jawa Timur (2)

Halo!


12 Desember 2016

Hari berikutnya kami menuju Kota Batu. Jaraknya kurang lebih 1 jam kalo ga macet. Niat awal sih mau naik taksi aja, tapi berhubung hari itu tanggal merah dan takut macet, akhirnya browsing rute angkot dan tanya teman yang tau rute di Malang. Dari tempat nginap, kami jalan ke Stasiun Malang, naik angkot AL (singkatan dari Arjosari – Landungsari) menuju Terminal Landungsari. Pas sampe di terminal bapaknya nanya tujuan kemana. Terus kami bilang mau ke Batu arah Museum Angkut. Kebetulan bapaknya emang mau ke Batu juga, jadi beliau nawarin dianter langsung ke lokasi dengan bayar Rp 25.000,-/orang. Kami pun setuju, karena menurut browsingan juga harus naik angkot 2 kali dan disambung ojek. Alhamdulillah rejeki dianterin plus dikasih tau daerah-daerah yang dilewatin. Kami melewati daerah desa gitu, kata bapaknya itu salah satu jalan alternatif karena jalur utamanya macet.

Info harga tiket

Sampai di Museum Angkut, kami beli tiket dan menitipkan barang bawaan. Jadi ke dalam hanya bawa kamera, hp dan uang secukupnya. Berhubung pas datang tanggal merah, harga tiketnya pun naik jadi Rp 100.000,-/orang dan udah termasuk dua tempat tambahan yang ada didalamnya. Kamera pun (apapun jenisnya, kecuali kamera hp) juga kena bayaran sekitar Rp 30.000,- dan tidak diperbolehkan membawa makanan atau minuman ke dalam. Pas datang Museum Angkut baru buka jadi rame banget tapi sepertinya waktu kami datang itu sepertinya jam bukanya lebih cepat hmm...
Tips (9) : jika kalian punya waktu banyak di Kota Batu, bisa beli tiket terusan juga loh untuk ke tempat wisata, seperti Jatim Park 1 & 2, Museum Tubuh, Batu Night Spectacular dan beberapa tempat lainnya yang terdaftar dalam tiket terusan (bisa di cek di websitenya). Tentu saja harganya akan beda dan lebih hemat beli paketan. Siapkan tenaga esktra karena lokasinya cukup luas. Datanglah pas jam buka biar lebih leluasa untuk berkeliling dan akan lebih enak kalo datang pas weekdays ;)

Beragam mobil antik dan kereta kuda
Pemandangan Kota Batu dari Museum Angkut

Dalam satu area terbagi beberapa wilayah dengan suasana yang berbeda. Mulai dari Pecinan, Batavia, Eropa, Hollywood dan lain-lainnya. Di setiap wilayah tersebut ada toilet dan mini resto. Untuk musholanya ada didekat Pasar Apung. Tempatnya cocok banget untuk liburan keluarga, ga hanya bisa seru-seruan aja tapi bisa sekaligus belajar. Pengetahuan yang disediakan cukup interaktif. Kami mampir ke Museum D’Topeng. Disana ga hanya topeng saja isinya, tapi ada batik juga dan penampilan musik. Disediakan kursi juga jadi bisa duduk-duduk menikmati alunan musik keroncong jawa

Tips (10) : di Museum Angkut atau tempat wisata lainnya pasti banyak spot foto. Pastikan memori cukup dan baterai kamera diisi penuh. Kalo perlu, bawa cadangan memori/baterai kamera untuk berjaga-jaga. Jangan sampai kalian kehilangan moment saat liburan ;)

Gangster Town
Istana Buckingham
Hollywood
Setelah selesai berkeliling, kami pun bersiap pulang. Baru keluar gerbang utama udah ngeliatin sempol di warung sebrang. Jadi, sempol ini salah satu jajanan favorit selama di Malang. Campurannya sih kalo ga salah tepung, telur, dan daging ayam atau sapi. Rasanya enaaak! Kayak cilok tapi ini digoreng dan dibalurin telur kayak dadar gulung gitu.  Pertama kali beli kaget gitu digorengnya kayak beli sate 3 porsi. Taunya itu karena sekalian goreng aja hahaha :'))

Daerah Museum Angkut ga ada angkot yang lewat, tapi ada ojek pangkalan dan cukup rame. Kami pun naik ojek menuju Terminal Batu, tapi sebelum sampe eh udah ada angkot BL (singkatan Batu – Landungsari, bayar Rp 5.000,-) yang nongkrong menuju Terminal Landungsari. Mungkin karena ga sampe Terminal Batu, kami pun bayar ojek Rp 10.000,-/orang. Pas pulang ga begitu macet. Lalu lanjut lagi angkot ADL (singkatan Arjosari – Dinoyo – Landungsari, bayar Rp 5.000,-) menuju Stasiun Malang. Berhubung teman saya mulai ngerasa ga enak badan, akhirnya dia balik duluan dan saya lanjut perjalanan ke Kampung Warna-Warni Jodipan

Kampung Warna Warni
Saya hanya nikmati dari atas jembatan dan ga sempat turun ke bawah karena udah mau maghrib. Lalu saya jalan ke arah Alun-Alun Malang sambil mencari es krim murah meriah namanya Aice (dapat info ada dekat alun-alun). Akhirnya tempatnya ketemu! Warung kecil gitu di Jalan Aris Munandar. Saya beli rasa mangga dan semangka. Dua es krim ini hanya Rp 7.000,- loh! Saya lanjut lagi ke Alun Alun Malang sambil menikmati es krim Aice dan sore terakhir di Malang. Alun-alun sore itu rame sekali. Maghrib masuk, saya pun ke Mesjid Agung Malang yang berada tepat disebrang Alun Alun Malang. Sejalan pulang, saya sekalian membeli makan malam untuk saya dan teman saya. Sesampai di penginapan, saya pun kembali packing dan istirahat untuk melanjutkan perjalanan esok harinya.
 
 
Penutup hari terakhir di Malang yang menyenangkan!


- continue to here - 



note: harga yang tertera per Desember 2016 dan perjalanan dilakukan saat long weekend. Semoga bisa membantu kalian yang ingin jalan - jalan ke Malang dan sekitarnya dengan beberapa rekomendasi tempat disini :)

No comments:

Post a Comment