Wednesday 4 July 2018

#travelstory : Mengejar Kereta Prameks // Solo, Jawa Tengah

Halo!
Yak, kali ini saya 'throwback post' karena (hampir) kelupaan sama kisah yang satu ini :')) baru keingat gegara liat foto-foto yang mau di posting hehehe. Ini perjalanannya pas saya lagi di Jogja. Karena ada waktu kosong yang lumayan, saya manfaatin buat jalan-jalan menuju.....

Solo
Jawa Tengah, Indonesia

Saya sampe menghubungi teman saya di Solo buat janjian ketemuan dan jalan bareng. Malam itu saya browsing dulu jadwal Kereta Prameks (Prambanan Ekspress) dari Jogja ke Solo dan sebaliknya. Saya juga browsing review naik Prameks kalo Go-Show gimana, karena takut kehabisan tiket. Akhirnya saya memutuskan naik dari Stasiun Maguwo dengan jadwal jam 5.45 (paling pagi). Malam itu, saya tidur lebih awal biar bisa bangun lebih pagi buat siap-siap hahaha.

Tips (1) : bagi kalian yang baru pertama kali menggunakan kereta Prameks, bisa di browsing dulu gimana beli tiketnya, naiknya dimana aja, jadwal keberangkatannya kapan dan lainnya. Kalo mau tiket Go-Show (beli di hari H) itu hanya bisa 4 jam sebelum jadwal keberangkatan. Saya kurang tau online bisa apa ngga, tapi bisa kalo mau booking bisa H-7 sebelum keberangkatan. Saya pernah liat update-an teman ada yang lagi ngantri booking untuk H-7 di stasiun keberangkatan.


Sekitar jam 4 subuh saya bangun dan siap-siap. Setelah solat subuh saya berangkat menuju Stasiun Maguwo. Agak deg-degan karena liat di aplikasi ojek online pada sepi. Alhamdulillah ada yang ambil orderan walau agak jauh sih hahaha. Sepanjang perjalanan menuju stasiun sepi sekali. Pas udah sampe, saya liat ternyata loket belum buka dong hahaha. Saya pun nunggu sama penumpang lainnya yang mengejar kereta pagi itu.

Ketika loket udah buka, langsung pada antri beli tiket. Tujuan saya ke Stasiun Purwosari dengan tiket seharga Rp 8.000,-/orang. Sekitar stasiun masih gelap, saya manfaatin buat foto, ambil video, dan ngobrol. Pagi itu cuaca bagus sekali, matahari terbit dengan manisnya *tsah. Ketika kereta datang, saya langsung masuk dan ambil posisi. Perjalanan di tempuh kurang lebih 1 jam.

Menurut saya, Kereta Prameks ini hampir mirip sama Commuter line (KRL) di Jakarta. Kalo KRL kan beli tiketnya ada mesinnya dan pake kartu. Hampir tiap berapa menit pasti ada tergantung tujuannya. Harganya juga menyesuaikan dengan jarak stasiun tujuan. Nah, kalo Prameks beli tiketnya ke loket, bisa booking, dan bisa langsung beli di tempat. Tapi bisa kehabisan tiket juga (karena mendengar pengalaman teman saya). Jam nya juga terbatas sampe jam berapa gitu. 

Sesampai di Stasiun Purwosari saya turun dan bersiap menuju tempat teman saya. Saya memesan ojek online menuju daerah Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMY). Sepanjang jalan saya sempat bercerita sama bapak driver nya tentang kondisi ojek online di Solo. Untungnya aman-aman aja hehehe.

Tips (2) : di beberapa daerah tertentu udah ada ojek online. Paling ngga harus tau kondisinya gimana, kayak tempat yang ga boleh order dimana aja, di titik mana harus bisa order, pake atribut atau ngga, dan lainnya. Karena ada beberapa daerah yang masih pro dan kontra tentang keberadaan ojek/mobil online. Oh iya, jangan lupa cek promonya yaa. Kadang ada daerah tertentu promonya berbeda dengan daerah lain hehe.

Akhirnya saya bertemu dengan teman saya. Kami sempat mengobrol sejenak dan lanjut ketujuan pertama, yaitu Selat Viens di Jl. Hasanudin No.99 D/E, Kota Surakarta. Lokasinya ga begitu jauh dari Stasiun Solo Balapan. Bukanya mulai dari jam 07.00 - sore. Ada yang bilang mending jam 8 atau jam 9 kesininya jadi menu yang tersedia udah siap. Menu andalan selat daging iga nya tapi sayang waktu itu belum siap :( akhirnya beli yang selat double daging (Rp 13.000,-/porsi) dan ditemani sama es kopyor (Rp 5.000,-/gelas).

Selat Viens
Nyaaam~
Bentuknya kayak makan steak gitu tapi ini dagingnya udah di giling. Rasanya enak! Kirain seporsi bakal kurang ternyata lumayan kenyang juga hehe. Kuahnya juga enak, manis tapi ga berlebihan. Es kopyor nya juga enak walau saat itu agak sedikit kemanisan. Teman saya minumnya beli es dawet (Rp 4.000,-) dan menurut dia enak. Katanya dua minuman ini termasuk yang rekomen. 

Selesai makan, lanjut menuju Keraton Surakarta Hadiningrat di daerah Baluwarti, Pasar Kliwon, Kota Surakarta. Mulai buka dari jam 09.00 sampai jam 14.00. Harga tiket untuk masuk ke museumnya sekitar Rp 10.000,-/orang (untuk kamera ga dikenakan charge tambahan). Disini juga menyediakan jasa tour guide untuk menjelaskan seputar keraton (tapi kami ga pake sih hehe). Masuk ke dalam di tengahnya ada halaman tapi sayang lagi panjang rumputnya. Kami pun berkeliling melihat barang bersejarah, foto-foto, silsilah keluarga keraton. Kemudian kami jalan ke depan area pintu masuk. Disana ada kayak penjaga keraton gitu dan boleh foto. Ntah kenapa saya pengen akhirnya foto deh hahaha dan nantinya kita ngasih tip seikhlasnya. 

Keraton Surakarta
udah serem duluan ama pedangnya wkwk

Tips (3) : biasanya untuk tempat wisata yang sering di kunjungi (seperti, keraton, pasar wisata, dll) bakal rame pada jam tertentu. Kalo ga mau begitu rame, coba dateng pas jam lokasi wisata baru buka. Ga begitu rame, enak buat jalannya dan foto-fotonya hehehe.

Hari makin panas, jam makan siang udah masuk. Kami lanjut menuju Timlo Sastro di Jl. Kapten Mulyadi No.8, Kota Surakarta. Ini salah satu dari rekomen teman saya yang pernah tinggal di Solo dulu. Lokasinya ga jauh dari Pasar Gede Solo. Buka mulai dari jam 06.00 sampai jam 15.30. Lokasinya pas di pojokan gang gitu. Sampe sana sekitar jam 12 dan rame pengunjung juga. Saya pesen yang telor sosis (Rp 15.000,-) dan teman saya Nasi Timlo (Rp 10.000,-). Rasanya enak! Kuahnya gurih gitu, isinya juga lumayan banyak. Apalagi makannya ditemani kerupuk dan sosis solo nyaam~ Tak lupa ditemani oleh live music juga hihi.
Timlo Sastro
nyaaam~

Lalu menjelang akhir perjalanan ini berujung kepada coffee shop. Kenapa? Saya penasaran dengan coffee shop di Solo. Saya sempat tanya rekomendasi teman-teman. Kebanyakan buka pada sore hari. Saya pun memilih yang jam buka nya siang hari, salah satunya Sadari Kopi di Jl. Dr. Wahidin No.3 D, Kota Surakarta. Mulai buka jam 09.00 - 23.00 tiap hari, kecuali pas weekend 10.00 - 00.00. Pas cuaca lagi terik, sampe sana langsung adem. Saya memesan sadari milk coffee (Rp 15.000,-/cup, belum sama pajak). Karena dingin jadi seger hahaha rasanya juga enak. Tempatnya ga begitu besar tapi nyaman. Hampir serba putih dan cukup minimalis. Bagi yang mau foto-foto juga lucu sih.

Outdoor
Indoor
Selesai dari sana bermaksud lanjut ke Joyfella, tapi sampe sana taunya agak kecepatan jadi baru buka dan masih siap-siap. Akhirnya ga jadi karena mau ngejar kereta siang itu juga. Karena saya di hari itu ada janji ketemu juga di sore hari nya. Kami pun pulang ke kostan teman saya. Istirahat sejenak dan bersiap pulang menuju Stasiun Purwosari.

Tips (4) : berdasarkan pengalaman dan saya pun sebelumnya pernah di kasih tau. Jadi kalo datang ke tempat makan gitu disarakannya 1-2 jam setelah dia buka. Karena di awal-awal buka biasanya masih persiapan. Kalo mau nungguin sampai ready sih yaa balik ke masing-masing hehehe. 

Niat mau mengejar tiket sebelum ashar, eh taunya dapatnya sore juga hahaha. Sambil nunggu saya duduk-duduk di stasiun dan berjajan ria. Harga tiketnya masih sama menuju Stasiun Maguwo sekitar Rp 8.000,-/orang. Ketika kereta mau datang, saya pun siap-siap. Pas banget sampe Jogja sebelum maghrib, jadi masih sempat lanjut ketempat janjian. Alhamdulillah~

Stasiun Purwosari
Memang perjalanannya kilat, tapi keinginan saya untuk mencicipi selat dan timlo terpenuhi hahaha. Cuaca waktu itu benar-benar panas sekali. Berkat perjalanan ini juga saya agak mengerti jalan di kota Solo. Perjalanan ini juga me-refresh saya kembali akan tiap momen perjalanan yang saya lalui. Saya juga berterimakasih kepada teman saya, Milla yang telah menemani saya juga hehe. Sampai jumpa lagi, Solo!

Oh iya, bagi yang mau lihat video perjalanan saya ke Solo, bisa klik disini yaa! 


fin & thankyou :)



note: harga yang tertera per April 2018. Semoga bisa membantu kalian yang ingin jalan-jalan ke Solo dan sekitarnya dengan beberapa rekomendasi tempat disini :)

No comments:

Post a Comment