Sunday 10 April 2016

#travelstory : 3 Town Trip // Yogyakarta, DI Yogyakarta (3)

Halo!

Hari 3

Setelah subuh saya melanjutkan perjalanan ke kota berikutnya, yaitu…..

Yogyakarta
DI Yogyakarta, Indonesia

Saya diantar ke pool travel Sararea di Dr. Wahidin, Semarang. Biaya perjalanan sekitar Rp 80.000,-/sekali jalan/orang. Saya pun memanfaatkan diskon mahasiswa dan harga tiket menjadi Rp 70.000,-. Lumayan loh hemat sepuluh ribu hahaha. Lama perjalanan kurang lebih 3 jam. Sempat berhenti sejenak di sebuah restoran sekitaran Jalan Ambarawa-Magelang (kalo tidak salah). Sesampainya di Jogja, saya dijemput sama teman yang kuliah di Jogja dan beristirahat sejenak ditempatnya sebelum jalan-jalan ringan.
Siangnya, saya ngikut teman saya yang mau ketemu dosen pengujinya dan diajak keliling fakultas dan kampusnya. Lalu kami menghabiskan waktu jalan-jalan di Malioboro dan mengelilingi kota Jogja. Malamnya, saya bertemu dengan teman-teman yang satu sekolah dulu di Kalimilk di Jalan Kaliurang. Kami menghabiskan waktu cukup lama untuk ngobrol karena udah lama sekali ga ketemu. Setelah puas, saya nebeng nginep dikontrakan teman saya (yak, lagi-lagi menghemat biaya semalam hahaha seperti tips di post sebelumnya). Seharian ini saya bener-bener menghabiskan waktu untuk ketemu teman-teman dan ngobrol sampai lelah hahaha.

Meet up at Kalimilk

Hari 4

Berhubung pada hari ke 4 ini akan bertemu beberapa teman di Malioboro, saya pun memilih malam terakhir menginap disekitaran Malioboro biar aksesnya lebih mudah dan dekat dengan stasiun keberangkatan untuk tujuan berikutnya. Saya menginap di Hotel Pantes yang berada dibelakang hotel Mutiara di Malioboro. Untuk ke lokasi emang lewat gang kecil gitu, kalo ga diperhatiin banget bisa kelewatan gangnya. Biaya menginap semalam sekitar Rp 85.000/malam/kamar mandi diluar. Sebelumnya saya udah pernah menginap disini bersama orangtua juga. Hotelnya juga bersih dan pelayanannya juga ramah. Kamar mandi dalam maupun luarnya juga sama-sama bersih. Jadi salah satu tempat nginap langganan di Malioboro hahaha.

Setelah meletakkan barang-barang, saya pun mampir ke Mal Malioboro sambil menunggu dua teman (sekalian ngadem, lumayan panas juga diluar). Saat mereka udah datang, kami pun merumbukkan akan kemana. Awalnya sih mau ke Kalibiru di Kulon Progo. Tetapi mengingat waktu udah cukup siang dan perjalanan juga cukup jauh (apalagi naik motor), membuat kami beralih menuju arah selatannya Jogja.

Tujuan pertama ke Gumuk Pasir Parangkusumo. Lokasinya ga jauh dari Pantai Parangtritis. Disini bisa liat pemandangan gurun pasir gitu sambil nikmatin sunset juga. Bagi yang berminat bisa main sandboard juga disini, cuma kemarin saya dan teman-teman hanya jalan-jalan santai.

Tips (3) : jika kesini ke Gumuk Pasir atau ke tempat yang debunya dapat mengganggu mata, disarankan pakai kacamata karena anginnya cukup kuat dan bisa membuat mata kelilipan efek dari pasirnya. Kalo kesini siang hari, bawalah topi karena panasnya cukup terik. Tapi hati-hati jangan sampai topinya terbang ;)

Lanjut dari sini kami ke Pantai Parangtritis. Untuk kedua kalinya saya kesini. Kurang lebih 10 menit perjalanan dari Gumuk Pasir Parangkusumo. Disini niatnya nikmatin sunset, tapi sayang lagi ketutupan awan jadi ga dapat deh. Kami duduk-duduk menikmati pemandangan sambil ngobrol-ngobrol santai hingga maghrib pun tiba.

Hap!

Suasana Pantai Parangtritis sore hari

Selesai solat, kami pun lanjut balik kearah kota untuk ke angkringan yang udah saya nantikan sejak sampai di Jogja. Temanku yang satu pamit berpisah jalur karena ada urusan, jadinya lanjutlah berdua. Sebelumnya, kami mampir dulu ke Tempo Del Gelato di Jalan Prawirotaman. Disini menyediakan beragam rasa gelato dan rame banget! Kami hampir ga dapat tempat duduk saking ramenya. Harganya mulai dari Rp 20.000,- hingga Rp 115.000,-, bisa pakai cone atau cup. Pilihan kami pun jatuh pada cone seharga Rp 25.000,- dan mendapatkan 2 rasa pilihan. Saya pun memilih rasa snickers dan nutella. Enak banget! Apalagi cone-nya ada rasa manis nya juga.

Es krim di Tempo Del Gelato

Selesai makan es krim, kami pun lanjut makan ke sekitaran Tugu Jogja. Target makan di Angkringan Pak Jabrik yang berlokasi di Jalan Mangkubumi. Saya dan keluarga kalo ke Jogja suka makan disini. Pilihannya banyak dan enak-enak! Saya hampir kalap mengambil tiap jenis lauk yang disediakan. Udah ga merhatiin harga satu persatu saking laparnya ahahaha. Tapi kenyangnya sih pol banget. Selesai makan, kami pun lanjut jalan-jalan sebentar di Malioboro sebelum saya balik ke penginapan.

Menu makanan di Angkringan Pak Jabrik
Hari 5

Yak, hari terakhir di Jogja. Ga ada tujuan yang jauh sih. Pagi saya jalan-jalan sekitar Malioboro seperti tanpa ada tujuan. Hanya menikmati suasana pagi. Sesuai janjian, saya dijemput oleh teman saya di penginapan dan sarapan di sekitaran Jalan Kaliurang. Sayangnya, saya tidak perhatiin nama tempatnya karena rasanya baru kali itu saya makan gado-gado enak banget! Porsinya cukup banyak dan harganya sekitar Rp 12.000,-/porsi. Setelah selesai, kami lanjut kerumah teman saya untuk letakin barang dan mengobrol sepuasnya. Siangnya kami lanjut jalan nyari makan yang lagi ‘hits’ di Jogja hahaha tujuan ke Panties Pizza Jogja di Jalan Gejayan. Sesampai disana cukup ramai dan untung dapat tempat duduk. Saya pun memilih Tuna Maya sekitar Rp 25.000,-/porsi dan temanku memilih University Pizza sekitar Rp 27.000,-/porsi. Bisa ditambahin extra cheese atau filling tergantung selera. Sambil nunggu, kami pun melanjutkan obrolan. Saat pizza nya ready, rasanya pengen langsung makan aja, tapi ga kuat panasnya hahaha. Bentuknya kayak calzone gitu, trus isiannya didalam. Rasanya enak! Tunanya cukup banyak, ditambah keju meltnya hmm mantep deh! Lihat diawal keliatannya porsi dikit tapi pas abis dimakan kenyang juga loh hahaha.

Tuna Maya Pizza di Panties Pizza

Lalu lanjut beli titipan Bakpia Kurnia Sari di Jalan Ring Road Utara. Disini ga hanya menyediakan bakpia aja, masih ada jajanan lainnya. Untuk bakpia isi 15 sekitar Rp 33.000,-/kotak dan untuk isi 20 sekitar Rp 43.000,-/kotak. Setelah kelar jalan-jalan ‘cantik’ di Jogja, saya pun siap-siap untuk melanjutkan perjalanan ke kota terakhir, yaitu……….

- continue to here -

note: harga yang tertera per Januari 2016 dan perjalanan dilakukan saat musim libur awal tahun udah selesai. Semoga bisa membantu kalian yang ingin jalan - jalan ke Jogja dan sekitarnya dengan beberapa rekomendasi tempat disini :)